Masa Kecil Para Capres

Masa Kecil Para Capres


Calon Presiden Prabowo Subianto dan Joko Widodo memiliki kegemaran di saat kecil yang jauh berbeda. Prabowo senang main perang sedangkan Jokowi senang memancing dan mencari telor bebek. Majalah Tempo menelusuri masa kecil kedua calon presiden itu

Menurut sejumlah teman kecil Prabowo, calon presiden nomor urut satu itu sejak kecil gemar main permainan perang.

Ia senang memainkan permainan strategi perang seperti battle ground of Waterloo bersama adiknya, Hashim Djojohadikusumo.

Prabowo juga senang tampil dan memimpin kawan-kawannya. Eko Muhatma Kartodirdjo, kawan kecil Prabowo, masih ingat betul bagaimana Prabowo selalu meminta jadi ketua atau komandan dalam setiap permainan.

Eko juga berkisah bagaimana Prabowo yang beru berusia 7 tahun sudah memimpin mereka bermain perang-perangan dengan anak-anak Singapura. Mereka pernah menantang anak-anak Singapura untuk main perang lempar tanah liat karena sekelompok anak Singapura tersebut mengambil tempat yang biasa digunakan Prabowo dan teman-temannya bermain.

"Kalau main perang dan jadi tentara, dia hanya mau jadi komandan. Kalau kami pura-pura main di kerajaan, dia maunya jadi raja," kata Eko, seperti dikutip dari Majalah Tempo edisi 30 Juni 2014.

Keluarga Prabowo dan Eko pernah sama-sama menjadi pelarian di Singapura karena orang tua mereka terlibat pemberontakan Pemerintah Revolusioner Republik Indonesia/Perjuangan Rakyat Semesta (PRRI/Permesta). Ketika di Singapura.

Ronny Warouw, teman masa kecil Prabowo lainnya, mengatakan bahwa sejak kecil Prabowo ingin jadi tentara. "Dia amat mengagumi kedua pamannya, Subianto Djojohadikusumo dan Sujono Djojohadikusumo," ujarnya. Subianto dan Sujono gugur dalam pertempuran melawan Jepang di Desa Lengkong Wetan, Tangerang, pada Perang Kemerdekaan, 1946.

Sedangkan Jokowi, panggilan Joko Widodo, memiliki kisah masa kecil yang berbeda. Menurut Mukiyem, pengasuh Jokowi dan adik-adiknya, calon presiden nomor urut dua itu saat kecil senang kluyuran. Mulai dari menyusuri rel kereta dekat, main di pematang sawah, hingga mancing di sungai. "Pak Jokowi mancing atau nyari kodok dan jangkrik," kenang Mukiyem, 58 tahun.

Sujiatmi, ibu Jokowi, mengatakan bahwa anaknya itu sejak kecil memang tidak bisa diam. Jokowi hobi jalan-jalan keluar masuk kampung. Hobi itu kian menjadi ketika Jokowi menemuka teman-teman sepermainan di sekolah dasar. "Mancing, nyebur di kali, juga mencari telur bebek," kenang Jokowi. Bebek-bebek biasa bertelur di sepanjang sungai dan pematang sawah. Sesekali Jokowi membawa pulang telur bebek tak bertuan itu dan menggorengnya.

Jokowi mengatakan pengalaman keluar-masuk kampung dan menyusuri sungai kumuh di Solo banyak memberikan pelajaran tentang kesederhanaan, perjuangan, dan harapan. Karena itu hingga sekarang ia lebih senang blusukan, turun langsung ke masyarakat. "Sebab, dari mereka, saya memahami bagaimana kehidupan warga sesungguhnya," katanya. [tempo]

Postingan populer dari blog ini

Video Hot: Goyang Mesum Siswa Siswi ABG SMP Heboh di Facebook

Karl Heinz Brandenbrug Penemu MP3