Laporan Detikdotcom Dalam Pesawat Kepresidenan Menuju Sinabung

Laporan Detikdotcom Dalam Pesawat Kepresidenan Menuju Sinabung


Untuk pertama kalinya, detikcom dan sejumlah wartawan lain menjajal pesawat kepresidenan RI. Ini adalah penerbangan perdana Presiden Joko Widodo menggunakan pesawat biru tersebut. Bagaimana rasanya?

Pesawat Boeing seri 737-800 Business Jet II tersebut sudah bersiap sejak pagi di landasan udara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Rabu (29/10/2014). Seperti biasa, pemeriksaan keamanan wajib dilakukan. Setiap penumpang harus melewati metal detector dan pemeriksaan lainnya sebelum naik ke burung besi tersebut.

Begitu sampai pesawat, kursi sudah ditata rapi. Nama para penumpang sudah dipasang sesuai kursi masing-masing. Khusus untuk staf dan wartawan, posisinya di bagian paling belakang.



Sementara Jokowi dan Iriana ada di deretan VVIP, tepatnya di bagian paling depan. Kapasitas pesawat itu adalah 60 orang. Di dalam pesawat ada meeting room untuk 4 orang kelas VVIP, state room untuk dua orang kelas VVIP, 12 orang di executive area dan 44 seat di staff area.

Setelah menemukan tempat duduk, pramugari cantik nan ramah dari TNI AU akan datang menghampiri. Mereka akan menawarkan minuman. Dengan senyum merekah, mereka akan membantu setiap kebutuhan penumpang.

Di setiap kursi ada layar TV dengan logo Setneg RI. Dari layar itu, berbagai hiburan mulai dari musik hingga video bisa dilihat. Lumayan, sebagai pengisi waktu sepanjang perjalanan.

Saat terbang, para penumpang mendapat sarapan. Menu yang disediakan adalah nasi goreng istimewa yang disajikan dengan telor dadar, ayam dan abon. Rasanya maknyus!

Proses pendaratan pesawat berlangsung mulus. Jokowi dan rombongan rampingnya -- sehingga bisa diangkut cukup dengan satu pesawat cukup kecil itu -- tiba di Lanud Soewondo sekitar pukul 09.27 WIB. Para staf keluar terlebih dulu. Baru Jokowi menyusul belakangan yang langsung disambut oleh Gubernur Sumut Gatot Pujo Nugroho.

Sekadar informasi, ini adalah kali pertama pesawat kepresidenan digunakan Jokowi. Tak hanya itu, baru pertama rombongan presiden bisa satu pesawat bareng dengan para wartawan. Sebelumnya, wartawan diterbangkan dengan pesawat terpisah bersama rombongan advance.

Postingan populer dari blog ini

Video Hot: Goyang Mesum Siswa Siswi ABG SMP Heboh di Facebook

Karl Heinz Brandenbrug Penemu MP3