Jokowi, Boris dan Ahok Kayuh Sepeda

Jokowi, Boris dan Ahok Kayuh Sepeda


Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersepeda dari Istana Negara menuju ke Bundaran HI pagi ini. Rencananya Jokowi akan bertemu dengan Wali Kota London Boris Johnson bersama dengan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok), Minggu (30/11/2014). Jokowi keluar dari Istana Negara di Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta sekitar pukul 06:43 WIB. Jokowi mengenakan kaos berkerah warna putih dengan celana training warna hitam. Jokowi pun agak kencang mengggowes sepeda warna kuningnya.

Jokowi ditemani belasan Paspampres yang juga bersepeda. Tampak Paspampres yang menemaninya juga mengenakan kaos kerah berlengan panjang warna putih dan celana training warna hitam. Rombongan Jokowi pun langsung menuju ke arah Bundaran HI.

Sementara itu di Bundaran HI sendiri telah ada sebuah panggung kecil di depan Pospol HI. Di atas panggung itu ada sebuah sepeda warna putih dengan tulisan 'Sport is Great'. Dikabarkan, sepeda itu akan diberikan Boris kepada Ahok disaksikan oleh Jokowi.

Tak hanya panggung, sejumlah wartawan asing juga telah bersiap-siap di Bundaran HI. Kehadiran pasukan pengamanan VVIP juga tampak di tengah-tengah warga yang asyik bersepeda atau sekedar jalan pagi bersama kerabat dan keluarga.


Sekitar pukul 06:45 WIB Ahok bersama Boris sudah beriap-siap menunggu kehadiran Jokowi di Bundaran HI. Keduanya menunggu Jokowi dari atas panggung kecil yang telah disiapkan Pemprov DKI.

Ahok tampak mengenakan kaos berkerah warna hitam dipadu dengan celana panjang warna cokelat.

Boris mengenakan kaos putih bertuliskan 'London is Great" dan menenteng helm sepeda. Mereka ditemani sejumlah pejabat Pemprov DKI dan staf Kedutaan besar Inggris.

Setalah Jokowi tiba di lokasi, acara dimulai, Jokowi menyaksikan pemberian 12 sepeda dari Boris kepada Ahok. Simbolisasi pemberian ini ada satu unit sepeda berwarna putih dengan tulisan 'Sport is Great'.

Boris dalam memberikan sepeda tersebut sempat mengutarakan kesannya berkunjung ke Indonesia, khususnya Jakarta, kepada Ahok. Sepeda-sepeda itu kemudian akan dipercayakan kepada pengelola Taman Monas.


"Saya sangat terkesan berkunjung ke negara Anda (Ahok). Di Car Free Day ini, sepeda ini saya serahkan kepada Anda," kata Boris di Bundaran HI, Jakarta Pusat, Minggu (30/11/2014).

Boris sempat mengutarakan pandangannya soal sosok Jokowi dalam acara ini. "Indonesia boleh bangga punya presiden seperti Jokowi," kata Boris.

Pada kesempatan tersebut, Jokowi menyinggung rencana kunjungan kerja (kunker) ke London saat dirinya masih menjabat sebagai gubernur DKI. Hal itu membuat Ahok girang dihadapan Boris.

"Saya berjanji pas jadi gubernur DKI untuk berkunjung ke London. Belajar mengenai subway, jembatan dan transportasi umum," kata Jokowi di Bundaran HI, Jakarta Pusat, Minggu (30/11/2014).

Kata-kata Jokowi itu sudah membuat Ahok tersenyum dan Boris pun menyimak. Namun lanjutan kalimat Jokowi-lah yang mampu membuat Ahok meloncat kegirangan.

"Tapi sekarang itu urusannya Pak Ahok," ucap Jokowi.

"Asyik, (bakal) ke London," ujar Ahok spontan merespon.

Mengetahui bahwa Jakarta, Bandung dan Palembang akan menjadi tuan rumah Asian Games pada tahun 2018, Boris menawarkan bantuan dengan berbagi pengalaman karena ibu kota Inggris itu pernah menjadi tuan rumah Olimpiade 2012.

"Saya dengar, Indonesia akan menyelenggarakan Asian Games 2018. Saya sangat me-support itu, kita akan saling berbagi pengalaman," kata Boris.

"London pernah menyelenggarakan olimpiade di tahun 2012 dan sukses," tambah Boris menggambarkan pengalaman London yang kerap menjadi tuan rumah event internasional.

Selain Asian Games, Boris menyatakan siap berbagi pengalaman juga dalam penyelenggaraan event internasional lainnya. Tidak hanya untuk ibukota Jakarta, tapi juga secara nasional.

"Saya akan berbagi pengalaman dengan Presiden Jokowi dan Gubernur Jakarta tentang penyelenggaraan event internasional," tutup Boris.


Setelah prosesi penyerahan sepeda-sepeda dari Kedutaan Besar Inggris tersebut, ketiga tokoh ini langsung mengayuh sepeda mereka menuju Istana Merdeka. Mereka meninggalkan Bundaran HI sekitar pukul 07:00 WIB.Namun sebelum berangkat, rambut Jokowi yang acak-acakan sempat diminta untuk dirapikan oleh para pekerja media. "Iya nih, habis sepedaan, kena angin jadi rambutnya jingkrak begini," kata Jokowi sambil merapikan rambutnya dan disusul oleh tawa Ahok bersama Boris.

Ketiga tokoh ini tengah menikmati car free day dengan bersepeda di tengah kerumunan warga Jakarta dan sekitarnya. Mereka kini bersepeda menuju Istana Merdeka.

Postingan populer dari blog ini

Video Hot: Goyang Mesum Siswa Siswi ABG SMP Heboh di Facebook

Karl Heinz Brandenbrug Penemu MP3